Unnes Peringkat ke-32 sedunia


Semarang, unnes.ac.id. SEMARANG-Tak percuma Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi. Berdasarkan rilis UI GreenMetric World University Ranking, 16 Desember lalu, universitas yang berpusat di kampus Sekaran Gunungpati Semarang ini berada pada peringkat ke-32 dunia.

Di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Unnes bahkan berada posisi teratas. Tempat terdekat diduduki oleh Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang bercokol pada posisi ke-51 dengan skor 5.359,62 dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada urutan ke-65 (4.811,45). Selain Unnes, tak ada satu pun perguruan tinggi di Jawa Tengah yang masuk orbit “95 besar”.

Meski demikian, di seluruh Indonesia, Unnes berada di bawah “bayang-bayang” Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Bengkulu.

Hasil selengkapnya dapat dilihat di http://greenmetric.ui.ac.id/id/page/ranking.

Iklan

Malaysia 2-0 Vietnam


JAKARTA, Kompas.com – Malaysia selangkah lebih dekat menuju final Piala AFF 2010. Tim besutan pelatih Rajagobal R Krishnasamy ini berhasil melewati leg 1 babak semifinal dengan sangat manis, menyusul kemenangan 2-0 atas Vietnam, Rabu (15/12/10).

Striker Mohd Safee Bin Mohd Sali menjadi pahlawan Malaysia dalam duel yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada babak kedua, pemain bernomor punggung 10 ini yang memborong gol kemenangan Malaysia, sehingga mereka memiliki tabungan yang bagus sebagai bekal menghadapi leg kedua di Vietnam, Sabtu (18/12/10) mendatang.

Ya, dengan kemenangan cukup telak dan gawangnya tak kebobolan, Malaysia punya peluang yang Baca lebih lanjut

Pesawat Finlandia Berbahan Bakar Limbah


HELSINKI – Maskapai Finnair dari Finlandia bersiap menjadi angkutan udara pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar dapat diperbarui.
Maskapai itu berencana mengisi sumber tenaga bio pada musim semi mendatang, demikian laporan media Finlandia, Selasa (14/12/2010).
Menurut laporan itu, bahan bakar bio untuk menangani pesawat Finnair merupakan bio-kerosin yang disokong oleh perusahaan energi Finlandia, Neste Oil, dan dihasilkan dari limbah pemotongan kayu dan lemak hewani.
Penggunaan bahan bakar bio diharapkan dapat disetujui secara resmi oleh Tim Amerika bagi pengujicobaan dan material pada musim semi 2011.
Jika hal itu telah dilaksanakan, Finnair akan menggunakan campuran sebanyak 50 persen bahan bakar bio dan 50 persen bahan bakar fosil untuk jet pada pesawat yang terbang dari Helsinki menuju London dan Singapura.
Selain itu, Lufthansa juga telah menandatangani susunan kerja sama dengan Neste Oil untuk menggunakan bahan bakar dapat diperbarui bagi pesawatnya yang beroperasi antara Frankfurt dan Hamburg di Jerman pada musim semi yang akan datang.
Menurut Direktur Utama Neste Oil, Matti Lievonen, sejumlah maskapai itu berencana menggunakan campuran bahan bakar bio dan bahan bakar yang lazim digunakan pada tahap awal, tetapi produk Neste Oil dapat digunakan untuk mengganti keseluruhan bahan bakar pada JET A-1.
Berdasarkan rencana Uni Eropa (EU), sejumlah penerbangan dari dan yang menuju ke Uni Eropa akan disertakan ke dalam Skema Perdagangan Emisi pada 2012 dan seterusnya.
Hal itu menyebabkan sejumlah maskapai mengimbangi emisi mereka melalui sertifikat emisi atau bahan bakar yang dapat diperbarui. Oleh karena itu, Neste Oil berharap permintaan terhadap bahan bakar bio meningkat walaupun harga saat ini sebesar dua kali lipat ketimbang bahan bakar fosil.

Planet dengan 2 Matahari ditemukan


Liputan6.com, New York: Sekelompok ilmuwan asal Amerika Serikat menemukan planet baru yang mengorbit pada dua bintang. Kantor Berita NHK mewartakan, Jumat (16/9), planet yang letaknya sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi itu memiliki dua matahari.

Peneliti dari SETI Institute di California, Amerika Serikat, menemukan planet tersebut dengan menganalisis data yang dikirim dari teleskop ruang Kepler. Planet yang dinamakan Kepler 16-b berputar di dua bintang setiap 229 hari.

Para ilmuwan menjelaskan teleskop tersebut mampu mendeteksi sistem bintang ganda dengan menganalisis perubahan kecil dalam cahaya ketika planet dan bintang-bintang tumpang tindih. Mereka mengatakan suhu di planet itu minus 73 derajat Celcius atau di bawah, sehingga hampir tidak ada kemungkinan terdapat kehidupan di sana.

Dailytech mewartakan, besar salah satu matahari di planet baru itu 70 persen ukuran matahari di bumi. Sedangkan matahari yang lainnya memiliki ukuran lebih kecil 20 persen dari sumber tata surya di bumi.

Penemuan planet itu sebenarnya pernah diceritakan dalam film fiksi ilmiah Star Wars. Planet bernama Tatooine di Star Wars awalnya hanya dianggap mimpi para pembuat film. Namun, beberapa para ilmuwan meyakini jika fiksi ilmiah terkadang akan menjadi kenyataan.(ADO)

Berbagi Berbagai Software Cantik


hai prends, jumpa lagi ma gue,

kali ini gue cuman pgen nge-share situs yang menurut gue ea bagus wat nglengkapi software Lektop atau Komputer kita.

Soo., jgan bingung ea prends jika software prend-prend semua pada ilang atau ke-delete atau corrupt.

Cekidot adjah http://dytoshare.us .

Moga-moga bermanfaat. aminnn

 

salam fisikawancinta

^_^

Media Pembelajaran Fisika


Berjumpa lagi ma gue.,

sudah lama banget gue menghilang dari dunia per-wordpress-an akhir-akhir ini karena jadwal gue yang padat buangetttzz.

Kali ini gue akan sedidit nge-share link bagi para pendidik ataupun para pelajar yang ingin belajar materi apapun khususnya “FISIKA” agar supaya pemahaman konsep kita semakin gemilang. Sesuai dengan judul tulisan gue ini anda semua bisa mendownload materi-materi pelajaran disini.

Sebelumnya anda harus mendaftar dulu sebagai member situsnya, tapi jangan khawatir ya karena pendaftarannya 1000% gratissss alias freeeee.

 

salam

fisikawancinta

Listrik Hijau


Tanaman menyerap energi matahari, kemudian meneruskannya pada bakteri yang membangkitkan listrik amat lemah. Eksperimen yang dilakukan adalah mengembangkan lebih lanjut teknik sel bahan bakar untuk pembangkit energi.

 

Di atap gedung pusat riset Universitas Wageningen di provinsi Gelderland, Belanda, dilakukan riset yang tidak lazim. Di bagian tepian atap terlihat dua bak berbentuk segiempat sama sisi yang masing-masing memuat 12 ember plastik berisi air dan lumpur. Di dalamnya para ilmuwan membudidayakan berbagai jenis rumput dan tanaman air lainnya. Tapi bukan budidaya tanamannya yang menjadi tema utama riset di Universitas Wageningen ini, melainkan simbiose antara tanaman dan bakteri untuk pembangkitan energi.

Berdasarkan Teori Lama

David Strik, pakar biokimia yang melakukan penelitiannya menjelaskan, “Kami di sini memiliki tanaman dan bakteri yang bekerjasama. Prinsipnya dapat diterangkan secara sederhana. Tanaman lewat fotosintesa memproduksi unsur Karbon, dan meneruskan hingga 40 persen unsur organik ini ke dalam tanah. Di sana hidup bermacam mikro-organisme, bakteri dan jamur yang hidup dari unsur organik dari tanaman itu. Kami membuat baterai biologis, dengan menancapkan dua elektrode, di lokasi di mana bakterinya tumbuh dan dapat memproduksi listrik.”

Para ilmuwan di Belanda itu menerapkan pengetahuan yang sudah berumur setengah abad. Yakni, semua organisme dalam proses pencernaannya atau tepatnya dalam pembakaran glukosa di dalam tubuhnya, membangkitkan energi listrik lemah. Mayoritasnya dimanfaatkan untuk proses metabolisme tubuh sendiri.

Memanfaatkan Bakteri

Akan tetapi pada bakteri terjadi hal yang berbeda. Biasanya bakteri melepaskan energi listrik ini kepada Oksigen yang ada di udara. Dalam kondisi an-aerob atau tidak ada Oksigen, bakteri akan mencari unsur lainnya untuk menerima pelepasan energi listrik yang berlebihan dari hasil pencernaannya. Proses itu ditemukan oleh para ilmuwan dari Universitas Greifswald beberapa tahun lalu. Mereka kemudian mengembangkan apa yang disebut sel bahan bakar mikroba MFC.

Bakteri dalam sel bahan bakar mikroba hidup dalam sebuah larutan yang mengandung bahan makanan. Ke dalamnya dimasukkan dua elektroda. Bakteri hanya melepaskan energi listrik yang berlebihan langsung ke kutub negatif atau anoda. Listriknya kini dapat disalurkan. Namun pada sel bahan bakar mikroba MFC juga berlaku dalil, output tidak dapat lebih besar dari input. Dengan kata lain, agar pemasokan listrik berlangsung stabil dan kontinyu, bakterinya haru terus menerus diberi makan. Inilah tugas dari rumput yang ditanam di dalam ember yang ditempatkan di atap universitas Wageningen. Tanamannya tumbuh dalam larutan bahan makanan, dan menjamin pasokan glukosa secara kontinyu.

“Apa yang kami buat, pada dasarnya adalah sel pembangkit energi matahari alami. Tanaman menyerap energi matahari, dan meneruskannya kepada bakteri yang pada gilirannya memproduksi listrik. Jadi kami dipasok listrik 24 jam dalam sehari. Jika bakterinya masih ada, listrik terus diproduksi. Musim dingin tahun lalu, semuanya membeku dan seluruh sistemnya tidak berfungsi. Tapi segera setelah mencair lagi, listrik kembali ada,” demikian dijelaskan David Strik.

Rencana Selanjutnya

Akan tetapi kapasitas pembangkitan listriknya sedikit berfluktuasi, tergantung dari kondisi hari, cuaca dan jenis tanamannya. Sebab setiap jenis tanaman memicu persyaratan kehidupan yang berbeda-beda untuk bakterinya. Daya listrik terbesar selama ini dibangkitkan oleh sejenis rumput yang biasanya tumbuh di tepian sungai atau kawasan perairan. Para peneliti mengamati, juga tanaman padi merupakan pembangkit energi yang cukup bagus.

“Setiap meter perseginya saat ini memproduksi 0,2 watt. Kami pikir dalam waktu tiga tahun ke depan dapat direalisasikan pembangkitan tiga watt per meter perseginya. Apa yang dapat kita lakukan dengan itu? Tiga watt adalah daya yang tepat, yang diperlukan untuk mengisi kembali aku telepon seluler,” dikatakan David Strik.

Juga para peneliti energi memberikan gambaran pemanfaatan berikutnya dari arus listrik lemah yang dibangkitkan sel bahan bakan mikroba MFC. Misalnya untuk mengoperasikan penerangan dari diode emisi cahaya LED. David Strik menegaskan, ia akan memasarkan dan menjual hasil penelitian dan pengembangan ini. Ia telah mengambil alih patennya dari Universitas Wageningen dan mendirikan sebuah perusahaan swasta kecil bernama Plant-E. Rencana besarnya adalah, menanami seluruh permukaan atap Univerisat Wageningen dengan tumbuhan, untuk dapat membangkitkan listrik. David mengatakan, jika itu terwujud, maka untuk pertama kalinya diproduksi listrik paling hijau di dunia.

Salam cinta dari fisikawancinta

editor: fisikawancinta

Beasiswa Bidik Misi 2011


Diinformasikan bagi siswa-siswi lulusan MA/SMA yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sarjana dapat mendaftarkan diri melalui progarm beasiswa BIDIK MISI yang diberikan dari Universitas tertentu. Bagi yang berminat mengambil studi Sarjana di UNDIP bisa mengunjungi situs ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Cinta dari Fisikawancinta

 

Keajaiban Otak Kanan


Dewasa ini banyak orang menggunakan otak kiri, padahal otak kiri kita hanya mampu menyimpan dalam waktu yang pendek. Disamping itu juga penggunaan otak kiri dalam belajar juga kurang efektif dan efisien karena membutuhkan sesuatu yang rinci dan berurutan tidak langsung mengena ke materi/pokok materi yang dipelajarinya. Apabila dalam kegiatan belajar kita sering menggunakan otak kanan maka akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan. Cara belajar yang memanfaatkan otak kanan akan mendapatkan sesuatu yang inginkan tanpa harus mempelajarinya secara berurutan tentunya dengan kreativitas tentunya. Salah satu contoh kegitan belajar dengan memanfaatkan otak kanan yaitu dengan mengasosiasikan hal yang menarik dengan materi yang kita pelajari contohnya dalam menghafal besaran pokok pada mapel fisika dengan membuat kalimat “PAPA MAMA WAKTU KULIAH SUDAH INTIM JUGA” yang mana aritnya PAjang-MAssa-WAKTU-KUat arus-SUhu-INTensitas cahaya-JUmlah zat.
Seperti yang diketahui otak kita kebanyakan orang dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, secara ilmiah katanya, dan gue termasuk ke dalam kebanyakan orang itu. katanya kenapa otak kita yang merupakan karunia Allah SWT ini kita bagi menjadi dua bagian adalah karena dua bagian otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Otak kanan biasa diidentikkan tentang kreatifitas, dan memang benar fungsi dari otak kanan ini adalah untuk mengurusi proses berpikir kreatif manusia, contohnya adalah kemampuan komunikasi (lingusitik). Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Contoh orang yang mengandalkan otak kanannya dibandingkan otak kirinya adalah seniman.

Sedangkan otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik. Maksudnya otak kanan kita ini terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika. Cara kerja otak ini sangat rapi, terstruktur dan sistematis. Biasanya otak kiri ini sangat bermanfaat saat digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang mendetail. Orang yang biasanya lebih mengandalkan otak kiri adalah seorang peneliti atau scientist.

Tapi hati-hati jangan terlalu memporsir kerja salah satu bagian otak saja. Karena mungkin akan menyebabkan kerja batian otak yang satunya tidak optimal. Gw suka menyebutnya artropi otak kanan atau artropi otak kiri. Yah, setidaknya hal itu yang pernah gue rasakan. FYI istilah artropi biasanya digunakan untuk pengecilan otot yang jarang dipakai.

Mau artropi otak kanan maupun artropi otak kiri pernah gue alamin. Dua kejadian itu gue alamin selama hidup gue. Gue coba ceritain yang artropi otak kanan dulu, soalnya itu yang paling lama. Sejak gue SD kayaknya gue udah mengidap penyakit ini. Orang yang artropi otak kanan biasanya disebabkan otak kirinya yang terlalu dominan. Ciri-cirinya adalah pertama dia pinter banget matematika atau pelajaran-pelajaran yang sifatnya sistematis. Kedua orangnya biasanya rada-rada nggak gaul dan biasanya emang agak takut untuk bergaul. Ketiga lebih cenderung menyukai hal-hal yang berbau teknis dan eksak ketimbang berpikir kreatif. Kalau loe mempunyai ciri-ciri tersebut hati-hati, loe udah terjangkit artropi otak kanan. Gue sendiri mengalami hal ini sejak SD sampai gue lulus SMA dan kuliah di Fasilkom UI semester ke-3.

Sejak semester ke-4 gue udah mulai gerah dengan menjadi orang yang nggak gaul. Sedikit demi sedikit gue mulai meningkatkan kekuatan otak kanan gue. Tapi lagi-lagi gue nggak hati-hati karena gue terlalu asik dengan meningkatkan kemampuan otak kanan gue, gue melupakan si otak kanan, hal ini ditandai dengan semakin turunnya IP gw di kampus yang tadinya 3.46, nyaris cum laude kan, sekarang sisa tinggal 3.25, parah banget kan. Ciri-ciri lain orang yang terkena artropi otak kiri adalah biasanya orangnya males berpikir hal-hal yang mendetail dan cenderung suka yang garis-garis besar saja. Satu lagi ciri-ciri lain adalah biasanya orang yang terkena artropi otak kiri lebih cenderung suka tidur (banyak tidur).

Gue sekarang berada di akhir semester 6, dan gue baru sadar kalau untuk sukses gue harus menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri agar tidak timpang salah satu.

Kata Mutiara Jika Sedang Putus Cinta


Putus cinta memang menyakitkan, seberapa kuatnya seseorang pasti pernah meneteskan air mata untuk hal ini, bener ga?. Tidak terkecuali saya juga hehehe…(dulu waktu masih smp). Blog cerita cinta akan memberikan sebuah kata-kata mutiara atau kata bijak cinta bagi seseorang yang sedang putus cinta ini. Apalagi lagi putusnya karena orang ketiga, kesel bener!!!. Dan ditambah lagi kamu sedang cinta-cintanya ama si dia, karena baru jadian 1 bulan, sedih dah!!!.

Tapi jangan khawatir sahabat cerita cinta, kamu bisa membaca kata-kata mutiara dan kata-kata bijak ini, atau kamu ingin membaca tips cinta yang pernah saya tulis untuk seorang yang sedang putus cinta?, dijamin kamu lebih merasa tegar dan langsung nyari yang baru, hehehe….

Apa ya…kata-kata yang tepat untuk orang yang sedang putus cinta?, apa (kasihan deh loe!!!, sttt…kejam bener!!!, canda kok…). Yuk baca kata bijak dan kata mutiaranya….

Kata-kata mutiara cinta dan kata bijak | Putus cinta

@Bila kamu sedang menatap langit, lihatlah ketika malam yang tak berbintang, hanya sang bulan yang merasa kesunyian. Tapi dia tetap menyinari, dan tetap memberikan senyum untuk semua yang membutuhkannya.

@Tak setetes air mata pun yang pantas kamu teteskan untuk sang berwajah dua, dan tak segores kesedihan pun pantas kamu tampakkan untuk seorang yang hanya menertawakan kamu bersama kekasih barunya.

@Bintang itu beribu banyaknya, dan rintik hujan itu tak terhitung jumlahnya. Bila bintang berhenti bersinar, dan bila hujan berhenti berdenting, jangan terlalu kau nanti, karena mereka akan kembali dengan yang lebih baik.

@Sadarkah kamu, terpikirkah oleh kamu?. Mengapa tuhan juga mengizinkan dia untuk menginggalkan kamu?. Kini memang kamu hanya bisa bersedih dan menangis untuk menjawabnya, tapi kelak suatu jawaban akan datang dan membuat kamu sangat bersyukur karena ini telah terjadi.

Dah ah…hehehe…gimana bagus ga?, bagus atau tidak nya kasih masukannya ya…

Nah sekarang silahkan baca cerita cinta karya saya arie, yang bisa membuat kamu merasa sedih, kesal dan tertawa. Salam cerita cinta…

From: Fisikawancinta ^_^

Sms Cinta Romantis


Cinta hadir bukan untuk dimiliki,, tapi dititipkan dalam hati untuk dijaga,, ketika kita sudah bisa menjaga anugrah itu,,
Suatu saat,, kita akan menyadari bahwa kita juga di cintai..
=====================================================>
Jika dalam hati tersimpan rasa,, untuk apa ada kebohongan ,,
hanya karna tak mampu tuk mengucap,, semuanya pun sirna,, dan berakhir dengan penyesalan.
=====================================================>
Cinta itu seperti barang berharga,, pas kita lagi sayang2-nya tiba2 dia pergi..
dan pada saat dicari sulit ditemukan..
=====================================================>
Bila kamu sedih,, bahu ini slalu siap untuk kamu pinjam..
Bila kamu gembira,, bibir ini slalu siap untuk ikut tersenyum..
karna disaat apapun,, aku akan slalu siap untukmu.. Baca lebih lanjut

Jangan..,


jangan menunggu bahagia baru tersenyum.
tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia

jangan menunggu kaya baru bersedekah.
tapi bersedekahlah, maka kamu semakin kaya

jangan menunggu termotivasi baru bergerak.
tapi bergeraklah, maka kamu akan termotivasi

jangan menunggu dipedulikan orang baru kamu peduli,
Baca lebih lanjut